MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DI KELAS V SDN 016 TARAKAN

Borneo University Instituional Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DI KELAS V SDN 016 TARAKAN

Show full item record

Title: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DI KELAS V SDN 016 TARAKAN
Author: Erfandi Darniafit
Abstract: ERFANDI DARNIAFIT, 2011. Improve learning outcomes IPS Using Learning Model Examples Non Examples in Class V SD Negeri 016 Tarakan. Supervised by: (1) Suyadi, Ph.D and (2) Neni Novitasari, M.Pd. The purpose of this study to determine the increase in social studies learning results using a model of learning in class V Examples Non Examples SDN 016 Tarakan. The research was conducted using classroom action research (PTK) which is an activity to improve the learning process in the form of an action that deliberately raised and occur together in the classroom. The research was carried out for 2 months learning is done by using the flow of two cycles, each cycle consisting of four meetings, while data collection techniques in this study were obtained on the basis of the results of the test (written test) and non-test activities (observation sheet) about the activities and learning activities of students, further analysis of data obtained and shown as percentage increase in learning outcomes. From the analysis showed that the learning outcomes of students in average daily tests students before the action implemented is 69.00, whereas in cycle I and cycle II 73.55 for further increased to 81.37.ERFANDI DARNIAFIT, 2011. Meningkatkan hasil belajar IPS Menggunakan Pembelajaran Model Examples Non Examples di Kelas V SD Negeri 016 Tarakan. Dibimbing oleh :(1) Suyadi, Ph.D dan (2) Neni Novitasari, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS menggunakan pembelajaran model Examples Non Examples dikelas V SDN 016 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan suatu kegiatan untuk memperbaiki proses belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam kelas secara bersama. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan yang pembelajarannya dilakukan dengan menggunakan alur dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan, sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan dari hasil kegiatan tes (tes tertulis) dan kegiatan non tes (lembar pengamatan) mengenai aktivitas kegiatan belajar siswa, selanjutnya hasil analisis data yang diperoleh kemudian ditunjukkan dalam bentuk persentase peningkatan hasil belajar. Dari hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar nilai rata-rata siswa pada ulangan harian siswa sebelum dilaksanakan tindakan adalah 69.00, sedangkan pada siklus I sebesar 73,55 dan siklus II lebih meningkat lagi menjadi 81.37.
URI: http://repository.borneo.ac.id/xmlui/handle/123456789/147
Date: 2013-06-19


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account