Evaluasi Jenis Dan Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga Dan Present Serviceability Index (PSI) (Studi Kasus : Jl. Padat Karya Kabupaten Tana Tidung)

Detail Cantuman

Skripsi

Evaluasi Jenis Dan Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga Dan Present Serviceability Index (PSI) (Studi Kasus : Jl. Padat Karya Kabupaten Tana Tidung)

XML

Penilaian kondisi permukaan jalan merupakan salah satu tahapan untuk menentukan jenis program evaluasi yang perlu dilakukan. Dua metode yang dapat digunakan dalam melakukan penilaian kondisi jalan adalah metode Bina Marga dan metode PSI (Present Serviceability Index). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai kondisi ruas jalan Padat Karya Kabupaten Tana Tidung berdasarkan kedua metode tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan data primer berupa hasil survey kerusakan jalan. Urutan prioritas penanganan jalan dengan dengan metode Bina Marga didasarkan pada rentang nilai nilai 0 sampai lebih dari 7, sedangkan metode PSI (Present Serviceability Index) merengking kondisi jalan 1 sampai dengan 5 dari sangat baik sampai dengan sangat kurang. Berdasarkan analisis penilaian kondisi jalan didapatkan hasil rata-rata nilai PSI sebesar 3,9 yang menunjukan fungsi pelayanan baik, sedangkan rata-rata nilai Bina Marga sebesar 7. Hasil evaluasi kondisi ruas jalan Padat Karya Kabupaten Tana Tidung dengan metode Bina Marga dan PSI (Present Serviceability Index) ternyata menghasilkan penilaian yang relatif sama, yaitu kondisi ruas jalan tersebut masih dalam kondisi wajar namun memerlukan pemeliharaan dan perbaikan.

The Assessment of pavement condition is needed to establish the appropriate maintenance program. The methods that usually used to evaluate pavement condition are the method of Bina Marga and PSI (Present Serviceability Index) method. This study airnis to assess the pavement condition of Padat Karya Kabupaten Tana Tidung street with these two methods being compared. This study used field research in which the primary data was the result of pavement condition survey. The priority of pavement maintenance of Bina Marga method rated from 0 to more than 7, while the the PSI rated from 1 to 5 Based on the assessment of road condition, the avarage value of PSI 3,9 indicated pore service good, while the average value of Bina Marga 7 showed excellent surface condition. The evaluation results of either Bina Marga or PSI (Present Serviceability Index) method indicate that the pavement of Padat Karya Kabupaten Tana Tidung street still has fair performance but needs some maintenance and rehabilitation.


Detail Information

Pembimbing/Promotor
Dr-Ing. Daud Nawir, ST., MT.
NIDN/NIDK Pembimbing
197808052015041001
Penulis
Mardiah Riani Putri - Personal Name
NPM/NIDN/NIDK
13301010025
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Bahasa
Indonesia
Tanggal Publikasi
2018-09-28
Penerbit Universitas Borneo Tarakan : Perpustakaan UBT.,
Edisi
Publish
Subyek
No Panggil
SKR FT TS 2018 016

Lampiran Berkas

LOADING LIST...
Citation
. (2018).Evaluasi Jenis Dan Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga Dan Present Serviceability Index (PSI) (Studi Kasus : Jl. Padat Karya Kabupaten Tana Tidung)(Publish).Perpustakaan UBT:Universitas Borneo Tarakan

.Evaluasi Jenis Dan Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga Dan Present Serviceability Index (PSI) (Studi Kasus : Jl. Padat Karya Kabupaten Tana Tidung)(Publish).Perpustakaan UBT:Universitas Borneo Tarakan,2018.Skripsi

.Evaluasi Jenis Dan Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga Dan Present Serviceability Index (PSI) (Studi Kasus : Jl. Padat Karya Kabupaten Tana Tidung)(Publish).Perpustakaan UBT:Universitas Borneo Tarakan,2018.Skripsi

.Evaluasi Jenis Dan Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga Dan Present Serviceability Index (PSI) (Studi Kasus : Jl. Padat Karya Kabupaten Tana Tidung)(Publish).Perpustakaan UBT:Universitas Borneo Tarakan,2018.Skripsi



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail