Persepsi Pedagang Terhadap Persampahan Di Pasar Tradisional Kota Tarakan

Detail Cantuman

Skripsi

Persepsi Pedagang Terhadap Persampahan Di Pasar Tradisional Kota Tarakan

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pedagang terhadap persampahan di pasar tradisional Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif dengan menggunakan alat analisis skala likert. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli – September 2018 di Pasar Tradisional Gusher dan Boompanjang Kota Tarakan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pedagang terkait retribusi, mengenai pembayaran retribusi sampah di pasar Gusher: 78,43% (baik), pasar Boompanjang: 77,14% (baik). Mengenai besaran retribusi yang dibayarkan di pasar Gusher: 75,68% (baik), pasar Boompanjang: 70,95% (baik). Mengenai fasilitas kebersihan di pasar Gusher: 78,43% (baik), pasar Boompanjang: 57,61% (cukup). Mengenai besaran retribusi dengan fasilitas yang disediakan di pasar Gusher: 73.33% (baik), pasar Boompanjang: 66,66% (baik). Persepsi pedagang terkait Aturan, mengenai menegur orang yang membuang sampah di pasar Gusher: 86,66% (sangat baik), pasar Boompanjang: 86,66% (sangat baik). Mengenai sumbangan pembeli untuk kebersihan di pasar Gusher: 70,19% (baik), pasar Boompanjang: 74,76 (baik). Mengenai aturan membuang sampah pada tempatnya di pasar Gusher: 89,01% (sangat baik), pasar Boompanjang: 86,19% (sangat baik). Mengenai pemberian sanksi kepada orang yang membuang sampah sembarangan di pasar Gusher: 84,31% (sangat baik), pasar Boompanjang: 83,80% (sangat baik). Mengenai slogan kebersihan di pasar Gusher: 89,41% (sangat baik), pasar Boompanjang: 91,90% (sangat baik). Persepsi pedagang terkait Kebersihan, mengenai memberikan gagasan untuk kegiatan kebersihan di pasar Gusher: 79,21% (baik), pasar Boompanjang: 85,23% (sangat baik). Mengenai jika diadakan rapat/pertemuan untuk membicarakan masalah kebersihan di pasar Gusher: 78,03% (baik), pasar Boompanjang: 83,80% (sangat baik). Mengenai menjaga kondisi kebersihan ditempat berusaha di pasar Gusher: 87,05 (sangat baik), pasar Boompanjang: 89,04% (sangat baik). Mengenai melakukan evaluasi bersama terhadap kebersihan dilingkungan sekitar pasar Gusher: 73,72% (sangat baik), pasar Boompanjang: 83,80% (sangat baik).


The purpose of this study was to determine the perception of traders towards solid waste in the traditional market of Tarakan City. This study uses a descriptive quantitative approach using a likert scale analysis tool. This research was carried out in July - September 2018 at the Tarakan City Gusher and Boompanjang Traditional Market. The data used in this study are primary data and secondary data. The results of this study indicate that traders' perceptions related to levies, regarding payment of waste retribution in the gusher market: 78.43% (good), boompanjang market: 77.14% (good). Regarding the amount of fees paid in the Gusher market: 75.68% (good), Boompanjang market: 70.95% (good). Regarding cleaning facilities in the Gusher market: 78.43% (good), Boompanjang market: 57.61% (enough). Regarding the amount of retribution with the facilities provided in the Gusher market: 73.33% (good), Boompanjang market: 66.66% (good). Traders' perceptions regarding the Rules, regarding reprimanding people who dispose of garbage in the Gusher market: 86.66% (very good), Boompanjang market: 86.66% (very good). Regarding the buyer's contribution to cleanliness in the Gusher market: 70.19% (good), Boompanjang market: 74.76 (good). Regarding the rules of disposing of garbage in its place in the market of the Gusher: 89.01% (very good), Boompanjang market: 86.19% (very good). Regarding the imposition of sanctions on people who throw garbage carelessly in the Gusher market: 84.31% (very good), Boompanjang market: 83.80% (very good). Regarding the cleanliness slogan on the Gusher market: 89.41% (very good), Boompanjang market: 91.90% (very good). Traders' perceptions regarding cleanliness, regarding giving ideas for cleaning activities in the Gusher market: 79.21% (good), Boompanjang market: 85.23% (very good). Regarding if a meeting is held to discuss cleanliness issues in the Gusher market: 78.03% (good), Boompanjang market: 83.80% (very good). Regarding maintaining hygiene conditions in the place of operation in the Gusher market: 87.05 (very good), Boompanjang market: 89.04% (very good). Regarding
joint evaluation of cleanliness in the vicinity of the Gusher market: 73.72% (very good), Boompanjang market: 83.80% (very good).


Detail Information

Pembimbing/Promotor
Sulistya Rini Pratiwi, SE.,M.Sc
NIDN/NIDK Pembimbing
1122048601
Penulis
Junaidi - Personal Name
NPM/NIDN/NIDK
13401020089
Kode Prodi PDDIKTI
60201
Bahasa
Indonesia
Tanggal Publikasi
2018-09-21
Penerbit Universitas Borneo Tarakan : Perpustakaan UBT.,
Edisi
Publish
Subyek
No Panggil
SKR FE EP 2018 014

Lampiran Berkas

LOADING LIST...
Citation
. (2018).Persepsi Pedagang Terhadap Persampahan Di Pasar Tradisional Kota Tarakan(Publish).Perpustakaan UBT:Universitas Borneo Tarakan

.Persepsi Pedagang Terhadap Persampahan Di Pasar Tradisional Kota Tarakan(Publish).Perpustakaan UBT:Universitas Borneo Tarakan,2018.Skripsi

.Persepsi Pedagang Terhadap Persampahan Di Pasar Tradisional Kota Tarakan(Publish).Perpustakaan UBT:Universitas Borneo Tarakan,2018.Skripsi

.Persepsi Pedagang Terhadap Persampahan Di Pasar Tradisional Kota Tarakan(Publish).Perpustakaan UBT:Universitas Borneo Tarakan,2018.Skripsi



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail